Sabtu, 21 Desember 2013

Babak 1: Indonesia vs Thailand Indonesia Tertinggal

A. Firdaus - Okezone

NAYPYIDAW – Laga final memperebutkan medali emas di cabang Sepakbola SEA Games XXVII berlangsung di Zabu Thiri stadium, Sabtu (21/12/2013). Gelandang Thailand, Sarawut Masuk untuk sementara membuat Negeri Gajah Putih unggul atas Indonesia di babak pertama ini, lewat golnya pada menit ke-22.

Thailand tampil lebih mendominasi pada 45 menit pertama. Indonesia tak gentar, beberapa kali upaya dari Yandi Sofyan dan Ramdani Lestaluhu sempat membuat jantung pertahanan Artit Daosawang Cs terlihat ketar-ketir.

Pertahanan Indonesia mulai diuji Thailand ketika memasuki menit kedelapan, di mana Pokklaw melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tetapi Kurnia Meiga, berada dalam kondisi siap untuk menepis tendangan Pokklaw.

Pada menit ke-12, gantian Indonesia yang memiliki ruang tembak untuk melepaskan tendangan jarak jauh yang dilakoni oleh Ramdani Lestaluhu. Namun kiper Thailand, Kawin Thammasatchanan masih bisa mengamankan bola.

Thailand terus mengurung pertahanan Indonesia dengan melakukan beberapa umpan silang melalui di kedua sayap. Namun Indonesia juga tak mau kalah dalam memberikan kejutan. Usai beberapa kali ditekan, lewat serangan balik yang berada di sisi kiri, tak jarang duet Ramdani dan Diego memberikan tusukan, meski diakhiri dengan penyelesaian yang tak sempurna.

Sibuk dengan serangan balik, ternyata membuat pertahanan Indonesia lemah di sisi kiri, sehingga Thailand mampu memimpin lewat Sarawut Masuk. Tepat di menit ke-22, umpan chip dari Thitiphan Puangjan disambut pemain Muangthong United, yang lepas dari pengawalan Diego.

Sarawut yang langsung berhadapan dengan Meiga, mengelabui kiper utama Timnas Indonesia dengan memberikan umpan chip. Meski sudah ditepis Meiga, namun upaya itu tak menghalangi bola yang terlanjur mendarat ke gawang Indonesia.

Indonesia yang tertinggal, beberapa kali melakukan upaya ke jantung pertahanan Thailand melalui aksi Alfin Fandi Eko. Namun tambahan satu menit di babak pertama ini, belum membuat Indonesia mampu menyamakan gol. Babak pertama pun membuat posisi Indonesia tertinggal.

Susunan Pemain:
Indonesia: Meiga; Alfin, Manahati, Syaifuddin, Diego; Dedi, Pellu; Bayu, Fandi Eko, Ramdani; Yandi

Thailand: Kawin; Daosawang, Boonyong, Sakolwach, Theerathon; Thitipan, Charyl; Sarawut, Thawikan, Pokklaw; Adisak

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost