Sabtu, 21 Desember 2013

SEA Games 2013 Indonesia Kejar Tiga Besar, Thailand di Ambang Juara

Achmad Firdaus - Okezone

Sepakbola diharapkan meraih medali emas demi menjaga gengsi Indonesia yang gagal mempertahankan status juara umum SEA Games 2013 (Foto: Okezone)
JAKARTA - Peluang Indonesia untuk mempertahankan status sebagai juara umum di ajang SEA Games XXVII, Myanmar, tahun ini dipastikan sudah pupus. Indonesia tak mungkin lagi mengejar Thailand yang kini berada di ambang juara.

Hingga memasuki hari ke-10, Sabtu (21/12/2013), Indonesia belum beranjak dari peringkat empat klasemen sementara perolehan medali. Indonesia mengoleksi 61 emas, 69 perak dan 97 perunggu.

Dengan ajang SEA Games yang hanya menyisakan dua hari, sebelum pesta penutupan pada Minggu (22/12/2013), peluang Indonesia untuk mempertahankan mahkota juara umum yang mereka raih dua tahun lalu di Palembang-Jakarta sudah pasti tertutup.

Hal ini tak lepas dari gap yang cukup jauh antara Indonesia dengan pimpinan klasemen sementara Thailand. Seperti diketahui, skuad Gajah Putih melesat sendirian dengan koleksi 94 emas, atau unggul 24 keping emas dari tuan rumah Myanmar di posisi dua. Dengan kondisi ini, Thailand hampir dipastikan keluar sebagai juara umum SEA Games tahun ini.

Sementara bagi Indonesia, pilihan realistis yang bisa diupayakan adalah dengan menembus tiga besar, sebagaimana target yang ditetapkan KONI Pusat. Peluang itu cukup terbuka, mengingat selisih Indonesia dengan Vietnam di peringkat tiga hanya dipisahkan enam keeping emas.

"Insyallah kita tetap mencoba jadi juara umum. Paling tidak bisa menembus tiga besar," kata Menpora, Roy Suryo di Wisma Menpora, sebelum kontingen Indonesia berangkat ke Myanmar.

Dengan beberapa cabor yang masih akan dipertandingkan pada Sabtu (21/12/2013) hari ini seperti catur, diving, Judo, Kempo, Muay, Petangue, Tenis Meja, Taekwondo, Perahu Naga dan sepakbola, peluang kontingen Indonesia cukup terbuka.

Ya, cabang olahraga terakhir menjadi satu-satunya harapan Indonesia menjaga gengsi di kawasan Asia Tenggara. Gagal mempertahankan juara umum, tapi bisa meraih emas pada cabang sepakbola, tentunya bisa sedikit memberikan kebanggaan buat masyarakat Indonesia.

Pasalnya, sepakbola diketahui merupakan olahraga yang paling digandrungi masyarakat Indonesia dan yang paling ditunggu-tunggu kontribusi emasnya dalam setiap perhelatan SEA Games.

Tentunya, masyarakat dari Sabang sampai Merauke sangat berharap skuad Timnas Indonesia U-23 arahan pelatih Rahmad Darmawan bisa mengalahkan Thailand di partai puncak, Sabtu (21/12), malam nanti, sekaligus mengakhiri dahaga emas dari cabang sepakbola yang terakhir kali dipersembahkan oleh Widodo Cahyono Putro dkk. pada SEA Games 1991, atau 22 tahun silam.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost