Senin, 16 Desember 2013

Vitali Pensiun, Gelar WBC Tak Bertuan

Randy Wirayudha - Okezone

Vitali Volodymyrovych Klitschko (Foto: Reuters)
MEXICO CITY – Klitschko bersaudara kini tak lagi menguasai segenap gelar kelas berat. Pasalnya, Vitali sudah memutuskan gantung sarung tinju dan gelar WBC-nya pun terpaksa dicopot untuk kemudian, berstatus tak bertuan alias lowong.

WBC – dewan tinju dunia, mengumumkan lowongnya gelar kelas berat tersebut setelah memilih memberi dukungan moril kepada Vitali, yang memilih meneruskan aktivitasnya di dunia politik Ukraina dan sempat mengaku tak bisa lagi menjalani laga-laga mandataris guna mempertahankan gelarnya.

Vitali sendiri menghaturkan rasa terimakasihnya pada WBC yang mendukung kariernya di dunia politik dan memperkenankan dirinya untuk menutup karier profesionalnya. Kini, Vitali akan lebih berkonsentrasi menyuarakan kebebasan di negara pecahan Uni Soviet tersebut.

“Saya ingin berterimakasih pada WBC dan Presiden Don Jose Sulaiman untuk dukungannya terhadap perjuangan demokrasi dan kebebasan kami di Ukraina. Sungguh kehormatan besar bisa mempertahankan gelar WBC selama ini dan saya selalu melakukannya dengan kebanggaan,” papar Vitali.

“Sekarang, saya akan berkonsentrasi penuh pada politik di Ukraina dan saya merasa, rakyat Ukraina membutuhkan saya di sana,” lanjut mantan petinju berjuluk Dr. Ironfist itu, seperti diwartakan BoxingNews24, Selasa (17/12/2013).

Selebihnya, Vitali hanya akan mendukung sang adik, Wladimir yang saat ini masih mempertahankan kariernya di dunia tinju dengan memegang empat gelar kelas berat sekaligus, (Super) IBF, IBO, WBO dan WBA.

“Adik saya, Wladimir, akan memastikan olahraga ini lebih sukses dan saya akan – seperti biasanya – mendukung penuh, sebagaimana dia mendukung saya dalam perjuangan saya di dunia politik,” sambung Vitali.

Catatan karier Vitali dengan gelar WBC bermula 2004 silam saat memenangkan gelar lowong itu kontra Corrie Sanders dengan kemenangan tKO di ronde kedelapan. Absen selama dua tahun lantaran cedera, memaksa Vitali kehilangan gelar tersebut.

Tapi titel WBC itu kembali melingari pinggangnya pada 2008 lalu dari tangan Samuel Peter, juga dengan kemenangan KO di ronde ke delapan. Sejak itu, sembilan penantang acap gagal merebut gelar tersebut dari tangan Vitali, termasuk Manuel Charr yang jadi laga resmi terakhir Vitali, September tahun lalu

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost