Senin, 23 Desember 2013

SEA Games 2013 Roy Suryo: Kami Tidak Lari dari Tanggung Jawab

Putri Utami - Okezone


Roy Suryo.(foto:Dok Okezone)
JAKARTA  - Indonesia gagal masuk tiga besar di SEA Games 2013 Myanmar. Di ajang olahraga se-Asia Tenggara ini, para pejuang Merah-Putih hanya mampu membawa Indonesia duduk di posisi empat.

Sebelum berangkat ke Myanmar, kontingen Indonesia ditargetkan meraih 120 emas. Namun pencapaiannya ternyata hanya separuhnya, 65 emas. “Harusnya kita bisa di dua atau tiga besar,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, di Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Senin (23/12/2013).

Thailand keluar sebagai juara umum pada SEA Games edisi ke-27 ini, dengan 107 emas, 94 perak dan 81 perunggu. Myanmar di peringkat kedua dengan 86 emas, 62 perak dan 85, sementara Vietnam di peringkat tiga dengan 73 emas, 86 perak dan 86 perunggu. Sedangkan Indonesia meraih 65 emas, 84 perak dan 111 perunggu.

“Angka 65 mendali emas jauh dari target yang 120 mendali emas,” Roy Suryo mengakui.

Di tengah kegagalan umum kontingen Indonesia, sejumlah cabang bisa mencapai prestasi yang memuaskan. Seperti cabang Biliar yang mendapat target dua emas, catur yang ditargetkan dua emas mendapat lima emas. Wushu juga meraih hasil sesuai target, dengan empat medali emas. Badminton meraih tiga medali emas, dan Aquatik mendapat dua medali emas.

“Cabang olahraga yang biasa mendapat medali tapi tidak sesuai target seperti panahan dan kano.Yang gagal Taekowondo target 4 emas, tapi tidak dapat medali. Judo yang ditarget 4 emas juga gagal,” katanya.

Roy menyebut tuan rumah bertanding dengan tidak sportif. Itu merupakan faktor yang merugikan Indonesia dalam mendulang medali.

 “Jangan pernah menyalahkan atlet. Kami tidak pernah menyalahkan atlet. Mereka telah berjuang dengan segala kemampuan. Mereka harus turun pada jadwal yang tidak menentu. Contohnya pada badminton, catur dan takraw. Kami juga Terkejut dengan pencapaian luar biasa myanmar. Dari posisi 7 pada 2011 lalu, melonjak jadi posisinya. Persiapan mereka sangat luar biasa. Hanya, ada kecurangan di lapangan. Kesimpulan dari evaluasi: kami tidak lari dari tanggung jawab,” ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost