Minggu, 22 Desember 2013

Dengan Satu Mata, Stuart Hall Kalahkan Malinga

Arief Hadi Purwono - Okezone


Stuart Hall.(foto:I.yimg.com)
LEEDS – Jangan pernah menghakimi karier seseorang, meskipun ia sedang berada di jurang ‘kehancuran’. Ya, itulah gambaran petinju kelas bantam, Stuart Hall saat menang angka mengalahkan petinju asal Afrika Selatan, Vusi Malinga. Juri memberikan nilai 116-111, 117-110, dan 117-110 untuk Hall.

Kemenangan indah, dalam upaya pertamanya memperebutkan juara IBF kelas bantam. Bukan hanya itu, kemenangan terasa indah, karena sebelumnya, Hall pernah terjerembab dalam penggunaan obat-obatan dan minum-minuman terlarang di masa mudanya selama lima tahun.

Pria yang namanya mirip dengan pencetus teori ‘cultural studies’ ini, menjadi petinju tertua pertama Inggris yang memenangkan gelar IBF kelas bantam. Dan sebelum bertanding, ia meminta saran kepada Glenn McCory, juara dunia terakhir Inggris yang sekarang sudah pensiun.

Dalam pertandingan yang berlangsung 12 ronde ini, jual beli pukulan terjadi, namun pukulan bertubi-tubi yang dilakukan Hall, dapat menjatuhkan Malinga di ronde ketiga. Tidak sempat waktu habis, Malinga bangkit dan kembali bertanding.

Pertandingan sengit berlangsung hingga jelang akhir ronde 12. Belum habis pertandingan, Maliga melayangkan pukulan keras yang tepat menghujam mata kiri Hall di ronde 9. Melebamkan mata Hall dan memaksa pria Inggris berusia 33 tahun ini, melanjutkan pertandingan dengan mata satu.

Malinga, sempat menguasai pertarungan di ronde keempat dan menekan Hall, namun Hall bangkit di ronde kelima, dan konsisten melayangkan pukulan kombinasi hook-jab, menyudutkan Malinga yang hanya bisa bertahan. Kemenangan angka pun tak terelakkan, dan Hall memenangkan pertarungan.

“Terasa luar biasa, saya jatuhkan dia, tapi dia kembali untuk saya. Mereka bertambah kuat di level ini. Saya tak mampu melihat apapun melalui mata kiri saya selama beberapa ronde terakhir, namun saya tetap fokus dan tahu, saya selalu berada terdepan,“ ujar Hall, seperti dilansir Sportinglife, Minggu (22/12/2013).

Lebih lanjut, Hall juga memuji penampilan luar biasa Malinga, yang meski sempat terjatuh, namun kembali bangkit dan menyudutkan. ”Ketika ia bangkit dan mengejar saya kembali, ia menunjukkan kelas yang berbeda, saya hanya bertahan, namun dukungan penonton menolong saya,” tutup Hall, kepada BBC.

Kemenangan ini, memantapkan rekor 16 kali kemenangan, dengan 7 kali menang TKO yang dimiliki Hall sepanjang kariernya sebagai petinju Inggris. Sekaligus menggambarkan  ‘reinkarnasi’ hidupnya, yang tak letih berjuang, bahkan di saat jatuh akibat obat-obatan dan minuman keras.   

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost